Tips Belajar Yoga Dengan Gerakan Sederhana

Tips Belajar Yoga Dengan Gerakan Sederhana

Belajar Yoga memang mampu mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh. Yoga dipercaya mampu menjaga kekuatan otot tubuh, kelenturan tubuh, serta keseimbangan badan bagi yang melakukannya. Tak hanya mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, yoga juga mampu mengurangi rasa stress serta memberikan relaksasi tersendiri jika dilakukan dengan benar dan secara teratur.

Sebelum memulai belajar gerakan yoga, mari kita ketahui dahulu apa itu yoga. Berdasarkan bahasa, yoga berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti penyatuan, memiliki makna penyatuan dengan alam atau bisa juga dikaitkan dengan penyatuan diri dengan Tuhan Sang Pencipta.

Jadi yoga merupakan sebuah aktivitas yang berfungsi untuk mengolah tubuh kita dan disatukan dengan pikiran yang berfokus kepada kekuatan, kebebasan, dan aturan pernapasan yang berguna untuk meningkatkan kualitas fisik dan mental. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita melakukan olah tubuh seperti yoga ini.

Setelah kita tahu apa itu yoga dan manfaatnya, mari kita belajar gerakan yoga bagi kamu seorang pemula dan bagi kamu yang tidak sempat keluar rumah, karena gerakan yoga ini dapat dilakukan dirumah namun tetap harus dengan pengawasan orang sekitar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Beberapa gerakan atau pose yoga berikut ini dinilai sangat cocok bagi Anda yang jarang berolahraga namun ingin belajar yoga.

1. Baby Pigeon Pose
Gerakan yoga sederhana yang pertama ialah baby pigeon pose. Pose ini dapat dilakukan dengan cara tubuh berada dalam posisi setengah telungkup di atas matras yoga. Julurkan kaki kanan ke sebelah samping kanan, kemudian putar tubuh ke kiri. Lipatlah kaki kiri ke bagian dalam berada tepat di antara dua telapak tangan yang ditempelkan ke matras. Lakukanlah gerakan ini selama lima kali hitungan tarikan nafas, lalu tukar posisi dengan tumpuan kaki kiri.

2. Viparita Karani Pose
Pose yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati. Pose ini dilakukan dengan cara berbaring di lantai dan kaki di angkat serta disandarkan menempel ke dinding. Pose ini bertujuan agar memperlancar aliran darah dalam tubuh. Setelah itu, bentangkan tangan selagi kaki disandarkan ke dinding.

3. Pose Cobra
Pose yoga yang satu ini dilakukan dengan cara badan dalam posisi telungkup serta jari tangan terletak di bawah bahu Anda. Regangkan kedua kaki sehingga ujung jari kaki menyentuh ke lantai. Kemudian kencangkanlah bagian dasar pinggul, setelah itu kunci bagian perut Anda. Tekan bahu ke arah atas dan jangan lupa untuk mendorong ibu jari serta telunjuk. Dada di arahkan ke depan, lakukan lah beberapa saat dan ulangi pose tersebut sesuai dengan kemampuan Anda.

Reni