4 Tempat Wisata Rafting Bandung

4 Tempat Wisata Rafting Bandung

Olahraga arus deras seperti arung jeram atau yang lebih dikenal dengan sebutan rafting tak ayal banyak digandrungi dan semakin menunjukkan eksistensinya. arung jeram pangalengan hanya oleh para pecinta olahraga eksterem, namun juga bagi mereka yang sekedar mencoba menjajal adrenalinnya. Selain memicu adrenalin, olahraga ini juga menuntut untuk kerjasama tim, konsentrasi, serta keseimbangan ketika berada di atas perahu karet. Bagi sebagian orang, olahraga ini cukup menyenangkan terlebih lagi ketika mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat deras.
Bagi para warga Bandung maupun luar kota, terdapat beberapa tempat wisata rafting Bandung yang dapat dijadikan pilihan tepat untuk menikmati sensasi olahraga arus deras yang satu ini. Diantaranya ialah sungai Cikapundung. Derasnya jeram yang disuguhkan sungai Cikapundung dapat memberikan sensasi menantang sekaligus menyenangkan saat melakukan kegiatan rafting Bandung. Tak hanya iti, sungai Cikapundung terbentang dari kawasan hilir Dago hingga Teras Cikapundung. Harga yang ditawarkan dalam satu kalin melakukan kegiatan arung jeram di sungai Cikapundung berkisar antara Rp.75.000 � Rp.100.000/orang.
Wisata rafting Bandung kedua ialah sungai Citarum. Sungai yang debit arinya diatur oleh PLTA Waduk Saguling ini dapat dijajal bagi para pengunjung yang belum memiliki pengalaman dalam melakukan kegiatan rafting. Pemandangan yang ditawarkan juga tak kalah indah. Sepanjang aliran sungai, pengunjung akan disugihi jajaran batuan karst yang menjulang. Adapun panjang sungai Citarum ialah sekitar 7 km dengan waktu tempun 1-2 jam. Adapun harga yang ditawarkan dalam satu kali mengarungi sungai Citarum berkisar antara Rp.175.000-Rp.280.000.

Ketiga ialah sungai Cisangkuy dan Palayangan yang berada di Pangalengan. Kedua sungai ini merupakan sungai yang biasa digunakan untuk kegiatan rafting. Debit air kedua sungai ini cukup deras, tak hanya itu, bebatuan juga turt menghiasi sepanjang aliran sungai. Sehingga tak heran jika kedua sungai ini termasuk kedalam grade 3-4. Sungai Palayangan memiliki lintasan sepanjang 4.5 km dengan waktu tempuh 2 jam. Sementara sungai Cisangkuy memiliki panjang lintasan 7 km short trip dan 13 km long trip. Adapun harga yang ditawarkan untuk mengarungi masing-masing sungai berkisar antara Rp.180.000-Rp.280.000, harga bergantung pada fasilitas yang dipilih.
Tempat wisata rafting Bandung yang keempat ialah sungai Ciwidey. Meskipun sungai ini termasuk kedalam kategori berarus sedang, namun melakukan olahraga rafting di sungai ini memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri. Salah satunya ialah ketika pengunjung melalui dam setinggi 2 meter. Diperlukan kerjasama tim, keseimbangan, serta konsentrasi para penumpang perahu agar perahu tidak terbalik. Tak hanya itu, sungai yang memiliki panjang 20 km ini juga menyuguhkan pemandangan indah yang dapat memanjakan mata. Pepohonan hijau nan rindang berjajar di sepanjang bibir sungai Ciwidey. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp.185.000-Rp.400.000.

Reni